31 Maret 2014

Web Science


A.  Definisi Web Science
Web Science terdiri dari 2 kata yaitu Web dan Science. Web merupakan singkatan dari Website yaitu suatu halaman informasi melalui jalur internet yang berupa gambar, dokumen, video ataupun bentuk informasi lain. Sedangkan Science merupakan ilmu pengetahuan.
            Jadi yang dimaksud Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

B.   Sejarah Web
a.       HyperText Markup Language (HTML)
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.

Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language). ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML saat ini adalah HTML5.
Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan format berkas adalah:
1.      Menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
2.      Menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal
3.      Menampilkan sekelompok kata dalam bentuk miring
4.      Menampilkan naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil ketikan mesin ketik
5.      Mengubah-ubah ukuran tulisan untuk suatu karakter tertentu.

4 jenis elemen dari HTML:
a.      Struktural. Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, < h1> Golf</h1> akan memerintahkan peramban untuk menampilkan "Golf" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
b.     Presentasional. Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, < b> boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan,
c.      Hiperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, < a href="http://www.wikipedia.org/"> Wikipedia</a> akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
d.     Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (< button>), list (< li>), dan garis horizontal (< hr>). Konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan link pada suatu kelompok kata atau frasa untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web,
Contoh dokumen HTML sederhana
<!DOCTYPE html>
<html>
<head bgcolor=black text=white>
<title>'''Selamat Datang''' HTML</title>
</head>
<body>
<p>Halo dunia!</p>
</body>
</html>

b.       Internet
       Internet dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang pada saat itu sedang membangun sebuah proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Tujuan dari proyek ini adalah untuk kepentingan militer pertahanan AS dalam memecahkan masalah komunikasi antar komputer dalam jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Saat itu banyak dibuat jaringan komputer yang disebar dan dihubungkan di daerah-daerah vital dan manfaat internet ini untuk mengantisipasi bila terjadi serangan nuklir.

Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Pada tahun yang sama , icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada". Pada tahun 1973 , jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama , dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar , yang menjadi cikal-bakal sejarah internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Pada tahun 1977 , sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979 , Tom Truscott , Jim Ellis , dan Steve Bellovin , menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Pada tahun 1981 , France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama , dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya , yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web). Pada tahun 1992 , komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer , dan di tahun yang sama muncul istilah “surfing the internet”. Pada tahun 1994 , situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman , dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan , dan juga kelahiran Netscape Navigator 1.0. Untuk selanjutnya , sudah ada banyak aplikasi web browser yang lebih canggih lainnya , seperti Mozilla Firefox , Google Chrome , Opera , dan lain sebagainya.

Sedangkan di zaman sekarang ini , internet sudah menjadi alat komunikasi yang tak bisa ditinggalkan , dan menjadi sebuah kebutuhan , karena dengan mengakses internet , kita dapat mengetahui informasi lebih cepat. Sekarang , hampir semua perangkat saat ini memanfaatkan jaringan internet untuk kebutuhan komunikasi dan informasi.

c.        USENET
Usenet merupakan singkatan dari User Network yang merupakan sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web.

d.       File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet.
FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol, biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File Transfer Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.

Ada 3 macam FTP , diantaranya :
1. Mobile FTP
Mobile FTP merupakan FTP yang dikhususkan untuk pengguna HP (Hand Phone) , namun bisa juga diakses melalui PC (Personal Computer). Namun karena dikhususkan untuk pengguna mobile phone , ada kemungkinan situs FTP-nya kurang menarik bila dilihat melalui PC. Karena biasanya FTP Mobile hanya memiliki satu kolom seperti situs-situs mobile lainnya yang ada di internet. Contohnya situs blogger-id.net , bila diakses melalui handphone hanya memiliki satu kolom saja. Sedangkan bila diakses melalui PC , mempunyai dua kolom. Masih banyak lagi perbedaan rasa bila mengakses situs mobile dengan PC daripada handphone.

Contoh: y-ftp.tk , w-ftp.tk , dan wapftp.mobi

2. Web FTP
Web FTP dikhususkan untuk versi desktop , yakni untuk pengguna PC (Personal Computer) , karena desainnya lebih cocok untuk tampilan PC. FTP ini bisa juga diakses melaui handphone , namun sepertinya akan sulit untuk memakai atau menggunakannya, karena layar handphone kecil tidak akan cukup untuk memuat tampilannya.

Contoh: net2ftp.com

3. FTP Applications
FTP Applications adalah FTP yang menggunakan suatu aplikasi. Salah satu contoh aplikasi java yang ada fitur atau menu FTP-nya adalah aplikasi Moby Explorer. Mungkin masih banyak lagi aplikasi FTP yang lainnya , termasuk FileZilla (untuk PC) dan lain sebagainya.

e.       Teknologi Web Versi 1.0, Web Versi 2.0, Web Versi 3.0
·        Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini. Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi. Secara garis besar , sifat Web 1.0 adalah Read. Web 1.0 – merupakan web statis karena hanya berisi informasi , dan tidak interaktif (tidak bias dicomentari, diupdate, dll).

·        Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly , Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut : “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform , dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Sifat Web 2.0 adalah Read-Write. Pada era ini lebih membutuhkan orang untuk saling berbagi ilmu , pengalaman , atau lainnya , sehingga terbentuk komunitas online besar yang menghapuskan sifat-sifat individu. Sudah dinamis , karena interaktif. Salah satu aturan terutama adalah : Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut”. Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial , wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
Pada umumnya, Website yang dibangun dengan menggunakan teknologi Web 2.0 memiliki fitur-fitur sebagai berikut :
1.      CSS (Cascading Style Sheets)
2.      Aplikasi Rich Internet atau berbasis Ajax
3.      Markup XHTML
4.      Sindikasi dan agregasi data menggunakan RSS/Atom
5.      URL yang valid
6.      Folksonomies
7.      Aplikasi wiki pada sebagian atau seluruh Website
8.      XML Web-Service API

Karakteristik Web 2.0:
1.      Merupakan suatu web Platform
2.      Kolaborasi Pengetahuan
3.      Data yang kuat dan unik

·        Web 3.0 / Semantic Web
Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun , menurut John Markoff , Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut , maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia , tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti , diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah , berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah.

Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML , XML Schema , RDF , OWL , dan SPARQL.

Referensi ciri khas dari web 3.0 :
1.      Transformation dari tmp penyimpanan yang bersifat terpisah pisah menjadi satu.
2.      Ubiquitous Connectivity , memungkinkan info diakses di berbagai media.
3.      Network Computing , software-as-a-service business models, web services interoperability, distributed computing, grid computing and cloud computing.
4.      Open Technologies , sebagian besar semuanya berjalan dalam platform open source / free.
5.      Open Identity , OpenID , seluruh info adalah bebas dan sebebas - bebasnya.
6.      The Intelligent Web, Semantic Web technologies such as RDF , OWL , SWRL , SPARQL , GRDDL , semantic application platforms , dan statement- based datastores.
7.      Distributed Databases , database terdistribusi dalam WWD (World Wide Database).
8.      Intelligent Applications.

C.      Arsitektur Web

       Arisitekur menurut bahasa adalah cara atau ilmu untuk membuat dan mendesain suatu karya agar karya tersebut bisa menjadi lebih bagus dan mempunyai suatu nilai estetika. sedangkan Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

Bagian dari arsitektur website, yaitu yang terdiri dari :
·        Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
·        WWW (World Wide Web)
·        URL( universal resource locator)
·        XML (Extensible Markup Language)
·        JavaScript
·        AJAX
Jadi Arsitektur Website adalah sebuah bentuk perancangan dan pendesainan dari arsitektur itu sendiri, dimana ia melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar