28 Juni 2016

Cara Membuat Game Labirin menggunakan Blender (Part 1)

Untuk membuat game labirin ini pertama harus membuat software blender. Jika belum punya software blender, bisa download softwarenya klik di https://www.blender.org/download/. Nah setelah sudah mendownload dan menginstal blender, lalu buka blender. Oh iya pada part 1 ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat menu pada game ini dan berikut cara membuat game labirin sederhana ini :


Buka blender lalu tekan N. Maka muncul layar disamping untuk setting camera yaitu Ceklist Lock Camera to View, lalu Klik objek camera dan pada location setting x = 0, y = 0, z = 10 dan pada rotation camera setting x = y = z = 0. Setalah itu  tekan 0 untuk menggunakan view pada camera yang sudah disetting. Lalu hapus objek Cube, kemudian tambahkan objek plane. Setting view camera dengan men-scale hingga muncul seperti dibawah ini:


Klik pada plane lalu setting menjadi x=0, y=0, z=0.05. Lalu diatas plane tersebut tambahkan 3 plane dengan location sumbu z=0.5. Lalu beri teks pada 3 plane yang ditambahkan tadi. Untuk mengubah teks ubah mode menjadi editmode. Parent objek text dengan plane. Lakukan pada ketiga text-plane. CTRL + P untuk  Parent, pilih Vertex. Lalu beri material warna. Disini saya membuat menu Start, About dan Exit dimana nanti pada Start ketikadi klik maka akan masuk gggame yang akan kita mainkan. Dan untuk About, disini ketika diklik akan muncul informasi Nama, NPM dan kelas si pembuat game ini. Dan Exit ini akankeluar dari Menu.

Setelah selesai, buat scene baru dengan menekan tanda tambah. Buat 4 scene yaitu Start dan About, Game ke-2 yang berisi Game lanjutan dari start dan You Win yaitu berisi tentang informasi menang. Masuk Ke Scene “Start”. Di dalam scene ini berisi game labirin level yang pertama. Dan berikut objek game pertama yang telah dibuat:




Dan Masuk ke Scene “About”. Didalam scene About ini berisi tentang informasi pembuat game. Informasi disini beri Nama, NPM dan kelas. Objek yang digunakan adalah menggunakan plane dan  Font dengan Loc z=0.5 dan dengan material putih. Dan disini juga terdapat menu “Back”, dimana menu back ini berfungsi untuk kembali ke Scene Menu.

Lalu masuk ke scene You Win. Di dalam scene You Winn ini berisi informasi menang ketika kita berhasil memainkannya sampai finish. Objek yang digunakan adalah Plane dan Font dan material. Berikut tampilan scene You Winn yang telah di buat:



Lalu masuk ke scene “Game ke-2”. Didalam scene ini berisi game level ke 2 yaitu lanjutan dari game yang berada di scene Start. Dan berikut tampilan game ke dua yang telah dibuat:


Sampai disini dulu artikel membuat game sederhana labirin. Dan pada artikel selanjutnya akan akan dijelaskan bagaimana cara membuat game Labirin yang ada di scene Start dan Scne Game ke-2. Untuk membaca artikel selanjutnya DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar