14 Juni 2015

Game Engine"Racing"


Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik. Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.
Setelah membahas sejarah tentang game engine, saya akan menjelas bagaimana cara membuat game dengan software blender. Game yang akan dibuat adalah game racing. Disini  telah membuat sebuah state dengan menggunakan objek plane yang di seleksi facenya lalu di extrut  sehingga menjadi sebuah state untuk game ini. Dan dalam permainan ini objek yang akan dipakai yaitu saya menggunakan objek cube. Ada 3 objek cube, yaitu satu berwarna putih sebagain karakter game dan 2 cube warna merah sebagai tantangan game ini.objek cube yang berwarna putih. Kemudian nanti cube ini akan berjalan ke arah sumbu x yaitu ke depan. Lalu kita mendorong objek cube lainnya untuk membuka jalan. Dan dalam game yauti mencari jalan dari dan mendorong cube untuk membuka jalan sampai finish. Tetapi jika kita masuk ke sebuah lubang, maka game yang kita mainkan akan restar permainan dan kembali keawal.
Dan berikut cara membuat game racing dan menjalankan cube untuk bisa berjalan dan mendorong cube lainnya yang warna merah. Sebelumnya kita ubah engine blender menjadi Blender game. Lalu kita ubah timeline menjadi logic editor. Lalu kita klik objek cube berwarna putih dan kita tambhakan add sensor dan pilih keyboard lalu kita ubah namanya menjadi maju. Dan disitu kita klik kolom key dan key itu untuk memasukkan keyboard mana yang akan kita gunakan. Dan disini untuk maju kita tekan panah keatas. Lalu kita tambahkan add actuator dan pilih motion. Dan disitu pada kolom location pada x kita masukkan angka 0.1. lalu kita hubungkan dari Sensor ke actuator. Lalu kita masuk ke properties Physich dan ubah typenya dari static menjadi dynamic dan ceklist actor. Dan pada objek plane juga kita masukan type physic menjadi statis dan ceklist menjadi actor. Dan pada objek cube-cube berwarna merah kita ubah type phisichnya menjadi dynamic dan dan ceklist actor. Actor berguna supaya tidak objek tidaj tembus. Supaya ketika cube putih menabrak cube merah akan terdorong. Lalu kita seleksi lagi cube berwarna putih. Lalu kita tambahkan lagi add sensor pilih keyboard dan kita ubah namanya menjadi mundur dan press keynya kita tekan panah bawah pada keyboard. Lalu kita add actuator dan pilih motion dan kita kita ubah nama menjadi mundur dan dan beri nilai x pada location menjadi -0.1. lalu kita hubungkan lagi seperti tadi dari sensor ke actuator. Lalu kita tambahkan lagi 2 add sensor keyboard, yang 1 kita ubah nama menjadi rotasi kanan lalu masukkan key dengan panah kanan dan yang satu kita ubah nama menjadi rotasi kiri lalu masukkan key dengan panah kairi pada keyboard. Lalu kita tambahkan 2 Add actuator motion, actuator yg satu kita kasih nama rotasi kanan beri nilai rotasi z menjadi -0.1 dan actuator yang satu lagi namanya rotasi kiri dan nilai z menjadi 0.1. Lalu kita main game dengan start pada menu Game. Berikut tutorial game racing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar