Game
engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang
dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali
game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan
sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi
utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render
(renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan
tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan,
streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.
Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan
menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.
Setelah
membahas sejarah tentang game engine, saya akan menjelas bagaimana cara membuat
game dengan software blender. Game yang akan dibuat adalah game racing.
Disini telah membuat sebuah state dengan
menggunakan objek plane yang di seleksi facenya lalu di extrut sehingga menjadi sebuah state untuk game ini.
Dan dalam permainan ini objek yang akan dipakai yaitu saya menggunakan objek
cube. Ada 3
objek cube, yaitu satu berwarna putih sebagain karakter game dan 2 cube warna
merah sebagai tantangan game ini.objek cube yang berwarna putih. Kemudian nanti
cube ini akan berjalan ke arah sumbu x yaitu ke depan. Lalu kita mendorong
objek cube lainnya untuk membuka jalan. Dan dalam game yauti mencari jalan dari
dan mendorong cube untuk membuka jalan sampai finish. Tetapi jika kita masuk ke
sebuah lubang, maka game yang kita mainkan akan restar permainan dan kembali
keawal.
Dan
berikut cara membuat game racing dan menjalankan cube untuk bisa berjalan dan
mendorong cube lainnya yang warna merah. Sebelumnya kita ubah engine blender
menjadi Blender game. Lalu kita ubah timeline menjadi logic editor. Lalu kita
klik objek cube berwarna putih dan kita tambhakan add sensor dan pilih keyboard
lalu kita ubah namanya menjadi maju. Dan disitu kita klik kolom key dan key itu
untuk memasukkan keyboard mana yang akan kita gunakan. Dan disini untuk maju
kita tekan panah keatas. Lalu kita tambahkan add actuator dan pilih motion. Dan
disitu pada kolom location pada x kita masukkan angka 0.1. lalu kita hubungkan
dari Sensor ke actuator. Lalu kita masuk ke properties Physich dan ubah typenya
dari static menjadi dynamic dan ceklist actor. Dan pada objek plane juga kita
masukan type physic menjadi statis dan ceklist menjadi actor. Dan pada objek
cube-cube berwarna merah kita ubah type phisichnya menjadi dynamic dan dan
ceklist actor. Actor berguna supaya tidak objek tidaj tembus. Supaya ketika
cube putih menabrak cube merah akan terdorong. Lalu kita seleksi lagi cube
berwarna putih. Lalu kita tambahkan lagi add sensor pilih keyboard dan kita
ubah namanya menjadi mundur dan press keynya kita tekan panah bawah pada
keyboard. Lalu kita add actuator dan pilih motion dan kita kita ubah nama
menjadi mundur dan dan beri nilai x pada location menjadi -0.1. lalu kita
hubungkan lagi seperti tadi dari sensor ke actuator. Lalu kita tambahkan lagi 2
add sensor keyboard, yang 1 kita ubah nama menjadi rotasi kanan lalu masukkan
key dengan panah kanan dan yang satu kita ubah nama menjadi rotasi kiri lalu
masukkan key dengan panah kairi pada keyboard. Lalu kita tambahkan 2 Add
actuator motion, actuator yg satu kita kasih nama rotasi kanan beri nilai
rotasi z menjadi -0.1 dan actuator yang satu lagi namanya rotasi kiri dan nilai
z menjadi 0.1. Lalu kita main game dengan start pada menu Game. Berikut
tutorial game racing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar