28 Oktober 2015

Menghargai Orang Lain


            Menurut saya menghargai orang lain adalah suatu kewajiban kita sebagai manusiai dalam menghargai orang lain. Menghargai orang lain tidak hanya kepada orangtua kita saja atau melihat jabatan, umur atau siapa yang kita kenal atau kasihi tapi semua orang. Sikap menghargai orang lain adalah membangun relasi kita kepada sesama kita. Ketika kita menghargai orang lain itu menunjukkan kita ramah dan menghormati orang tersebut. Ketika kita ingin dihargai, kita dahulu yang harus menghargai orang lain dahulu. Jangan berharap kita ingin dihargai kalau dari diri kita sendiri saja tidak menghargai orang lain.
           
Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengharagai orang lain, misalnya dalam hal berbicara dalam suatu pertemuan suatu organisasi. Ketika dalam suatu pertemuan, seringkali kita tidak mendengarkan isi pertemuan tersebut atau kita hanya mendengarkan ketika orang tertentu berbicara. Kita hanya sekedar mendengarkan hanya karena masuk didalamnya, padahal kita harus mendengarkannya dengan seksama isi pertemuan tersebut tanpa melihat siapa yang sedang berbicara, lalu kita mencatata isi pertemuan tersebut. Contoh berikutnya misalnya suatu karya orang lain. Ketika ada karya orang lain misalnya karya teman kita ditunjukkan kepada kita, kita harus menghargai karya tersebut, yaitu dengan cara memberi apresiasi kepada karya orang lain dengan memberi suatu penilaian kepada hasil karya tersebut. Bukan hanya memberi pujian terhadap hasil karya orang lain di depan orang tersebut tetapi ternyata sebenarnya kita menjelek-jelekkan karya tersebut. Sebaiknya kita berkata apa adaanya tentang hasil karya orang lain di depan orang tersebut, tetapi dalam perkataan tersebut juga harus berisi kata positif dan membangun.
            Banyak bentuk dari sikap menghargai orang lain yang kita temuai di sekitar kita, misalnya menghargai makanan yang diberikan atau dimasak buat kita, atau dalam hal berbicara kepada orang lain, pemberian barang orang lain atau hal lainnya. Hal ketika kita mencium kedua orangtua kita atau ketika kita pulang kita memberi salam kepada kedua orangtua kita atau orang-orang di dalam rumah itu adalah sikap menghargai juga.
            Maka dari sikap menghargai orang lain harus ditanam dalam diri setiap orang sejak dini, karena ketika sejak dini kita telah diajarkan dalam menghargai orang maka kita akan biasa menghormati orang lain ketika kita betumbuh besar dan dimanapun dan kapanpun. Maka itu hargai orang lain jika kita mau dihargai orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar