14 Juni 2015

Game Engine"Racing"


Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik. Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.
Setelah membahas sejarah tentang game engine, saya akan menjelas bagaimana cara membuat game dengan software blender. Game yang akan dibuat adalah game racing. Disini  telah membuat sebuah state dengan menggunakan objek plane yang di seleksi facenya lalu di extrut  sehingga menjadi sebuah state untuk game ini. Dan dalam permainan ini objek yang akan dipakai yaitu saya menggunakan objek cube. Ada 3 objek cube, yaitu satu berwarna putih sebagain karakter game dan 2 cube warna merah sebagai tantangan game ini.objek cube yang berwarna putih. Kemudian nanti cube ini akan berjalan ke arah sumbu x yaitu ke depan. Lalu kita mendorong objek cube lainnya untuk membuka jalan. Dan dalam game yauti mencari jalan dari dan mendorong cube untuk membuka jalan sampai finish. Tetapi jika kita masuk ke sebuah lubang, maka game yang kita mainkan akan restar permainan dan kembali keawal.
Dan berikut cara membuat game racing dan menjalankan cube untuk bisa berjalan dan mendorong cube lainnya yang warna merah. Sebelumnya kita ubah engine blender menjadi Blender game. Lalu kita ubah timeline menjadi logic editor. Lalu kita klik objek cube berwarna putih dan kita tambhakan add sensor dan pilih keyboard lalu kita ubah namanya menjadi maju. Dan disitu kita klik kolom key dan key itu untuk memasukkan keyboard mana yang akan kita gunakan. Dan disini untuk maju kita tekan panah keatas. Lalu kita tambahkan add actuator dan pilih motion. Dan disitu pada kolom location pada x kita masukkan angka 0.1. lalu kita hubungkan dari Sensor ke actuator. Lalu kita masuk ke properties Physich dan ubah typenya dari static menjadi dynamic dan ceklist actor. Dan pada objek plane juga kita masukan type physic menjadi statis dan ceklist menjadi actor. Dan pada objek cube-cube berwarna merah kita ubah type phisichnya menjadi dynamic dan dan ceklist actor. Actor berguna supaya tidak objek tidaj tembus. Supaya ketika cube putih menabrak cube merah akan terdorong. Lalu kita seleksi lagi cube berwarna putih. Lalu kita tambahkan lagi add sensor pilih keyboard dan kita ubah namanya menjadi mundur dan press keynya kita tekan panah bawah pada keyboard. Lalu kita add actuator dan pilih motion dan kita kita ubah nama menjadi mundur dan dan beri nilai x pada location menjadi -0.1. lalu kita hubungkan lagi seperti tadi dari sensor ke actuator. Lalu kita tambahkan lagi 2 add sensor keyboard, yang 1 kita ubah nama menjadi rotasi kanan lalu masukkan key dengan panah kanan dan yang satu kita ubah nama menjadi rotasi kiri lalu masukkan key dengan panah kairi pada keyboard. Lalu kita tambahkan 2 Add actuator motion, actuator yg satu kita kasih nama rotasi kanan beri nilai rotasi z menjadi -0.1 dan actuator yang satu lagi namanya rotasi kiri dan nilai z menjadi 0.1. Lalu kita main game dengan start pada menu Game. Berikut tutorial game racing.

7 Oktober 2014

Contoh Jurnal :Perancangan Configuration Management Database Perusahaan Untuk Meningkatan Kinerja Layanan Teknologi Informasi


Pada posting kali ini, kami akan memberikan contoh jurnal yang berhubungan dengan sistem basis data yang menerapkan Configuration Management Database(CMDB) berbasis Information Technology Infrastructure Library (ITIL).

Configuration Management Database (CMDB) merupakan hubungan strategi dalam meningkatkan pelayanan dengan komponen-komponen IT atau yg disebut Configuration Item (CI)  yang telah dipakai diberbagai perusahaan di berbagai negara termasuk  PT.X yang ada di Idonesia

Dalam penelitian pada PT.X,  Penerapan (CMDB) berbasis metodolog Information Technology Infrastructure Library (ITIL) ini menggunakan model uji/hitung/ukur meliputi efisiensi hubungan antara configuration items, balance sheet, anggaran,  Strategy Generation (Service Management sebagai Strategic Asset), Financial Management, Service Portfolio Management (SPM), dan Demand Management, arsitektur enterprise yang sistematik, knowledge management, Web services, interaktivitas, software operasi sebagai sebuah service dan survey. Dan hasil dari berbagai penelitian dalam jurnal ini, peneliti melakukan perancangan configuration management pada PT.X dimana tujuan adalah meningkatkan pelayanan secara optimal untuk memberikan pelayanan dalam pengelolaan layanan TI yang sesuai dengan karakteristik pengguna dan untuk membuat perencanaan, perancangan dan pelaksanaan proses ITIL menjadi lebih mudah.

16 Mei 2014

ARMY OF GOD


Army of God adalah laksar Kristus, tentara-tentaraNya Allah. Dan kata Army of God biasanya identik denga anak muda. Dan memang Tuhan mau memakai anak-nak muda-Nya Tuhan untuk menjadi tentara-Nya. Dan si iblis juga berusaha melawan Allah melalui anak-anak muda-Nya Tuhan. Di sebuah negara pasti ada yang namanya tentara, mereka bersenjata, berpakaian perang untuk melindungi mereka dari serangan musuh, berperang melawan musuh mereka untuk memperebutkan atau mempertahankan suatu wilyah tertentu. Tetapi sebelum mereka berperang mereka dilatih dahulu bagaimana cara berperang dengan baik, bagaimana caranya menggunakan senjata dengan baik, bagaimana caranya bertahan hidup dalam perang, seperti apa mental yang harus mereka punya untuk siap berperang dan bagaimana mereka bisa menjadi tentara yang sejati bagi negaranya.

19 April 2014

Jan Koum




 Jan Koum adalah  CEO dan pendiri WhatsApp bersama Brian Acton. Jan Koum lahir 24 Februari 1976 di Kiev, Ukraina. Dia anak tunggal dari seorang manajer konstruksi dan seorang ibu rumah tangga. Sebelumnya Jan Koum masih tinggal bersama kedua orang tuanya di Kiev, Ukraina, kemudian tahun 1992 pada saat umur 16 tahun, dia pindah bersama ibu dan neneknya ke Mountain View, California, Amerika dan ayahnya tetap tinggal di Ukraina. Sejak tinggal di Amerika, mereka hidup dengan program  bantuan sosial pemerintah dan mendapatkan tempat tinggal di sebuah apartemen kecil dan untuk mengisi perutnya di juga harus mengantri untuk mendapatkan jatah makan di California. Tidak hanya dengan bantuan pemerintah saja mereka hidup, tetapi dia dan ibunya bekerja. Awalnya ibunya bekerja sebagai pengasuh bayi sedangkan Koum sendiri bekerja sebagai pembersih di sebuah toko kelontong. Pada saat umur 18 tahun, Koum mulai tertarik dengan program dan di SMA Koum lebih suka belajar programming secara autodidak lewat buku bekas yang dia beli, dia belajar komputer jaringan. Koum hampir tidak lulus dari sebuah SMA di Mission Viejo, California.

31 Maret 2014

Web Science


A.  Definisi Web Science
Web Science terdiri dari 2 kata yaitu Web dan Science. Web merupakan singkatan dari Website yaitu suatu halaman informasi melalui jalur internet yang berupa gambar, dokumen, video ataupun bentuk informasi lain. Sedangkan Science merupakan ilmu pengetahuan.
            Jadi yang dimaksud Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

B.   Sejarah Web
a.       HyperText Markup Language (HTML)
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

21 Januari 2013

Kerukunan Umat Beraganma


Kerukunan Umat Beragama
 


Ilmu Sosial Dasar

Universitas Gunadarma
01/15/2013



Disusun Oleh:
Nama                   : Elviana Rumondang Pakpahan
NPM                    : 52412475
Mata Kuliah          : Ilmu Sosial Dasar
Fakultas               : Teknologi Industri
Jurusan                : Teknik Informatika
Kelas                    : 1IA10



KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Kerukunan Umat Beragama” tepat pada waktunya.
            Makalah ini menjelaskan tentang apa itu Kerukunan umat beragama, dan apa kendala-kendalanya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat di kehidupan masyarakat baik bagi penulis maupun pembaca. Selesainya penulisan makalah ini semata-mata berkat bantuan dari berbagai pihak, yang telah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk kepada penulis. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penulisan makalah ini.